BONE-- Sebanyak 82 jiwa warga Dusun Lemo, Desa Pattuku, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menjadi korban pergeseran tanah. Dinas Sosial Kabupaten Bone mendirikan tenda, dan dapur umum.

"Anggota sudah berangkat ke lokasi tadi ubtuk menyalurkan bantuan logistik seperti makanan siap saji, lauk pauk siap saji, makanan anak, tenda gulung merah, matras, dan kids ware," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone Andi Mappangara kepada Wartawan Sabtu (9/4/2022).

Tim dari Dinsos Bone dipimpin oleh Sub Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Irfan Juddah, Ketua Tagana Bruce Lee Yusuf. Sebanyak 16 rumah yang rusak akibat pergeseran tanah, 18 kartu keluarga, 6 bayi, dan 3 lansia.

"Kami tentu mengutamakan pelayanan dasar setelah bencana alam agar warga korban bencana alam tidak kelaparan," tambahnya.

Sementara Kepala Desa Pattuku Sulaiman menuturkan, warga masih ketakutan untuk kembali ke rumahnya, makanya saat ini sementara dibuatkan tenda pengungsian di tempat yang lebih aman.
"Warga korban bencana alam kebingungan karena kondisi rumah retak-retak dan nyaris ambles akibat pergeseran tanah. Jadi lebih baik tinggal dulu di tenda pengungsian," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya Sebanyak 12 rumah di Dusun Lemo, Desa Pattuku, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami pergeseran tanah. Warga setempat pun telah diungsikan.

"Sebanyak 12 rumah warga mengalami kerusakan dan untuk sementara warga diungsikan ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Desa Pattuku Sulaiman Jumat (8/4).
Sulaiman menyebutkan, warga yang diungsikan untuk menghindari bahaya yang lebih besar yang setiap saat bisa mengancam. Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

"Namun akibat pergeseran tanah, dinding rumah warga retak dan terancam rubuh. Insyaallah habis Jumatan warga sudah meninggalkan rumah masing-masing," tambahnya.

Saat ini kondisi jaringan telepon atau pun internet di Desa Pattuku, Kecamatan Bontocani sangat susah. Usai memberikan penjelasan nomor telepon Kepala Desa Pattuku sudah sulit dihubungi.
Lebih baru Lebih lama